Jumat, 14 November 2014

Menu Sarapan Untuk Diet Sehat

Sarapan enak namun sehat? Inilah resep kami pagi ini..

 


Diet merupakan kegiatan mengatur pola makan agar lebih teratur. Tapi kebanyakan orang berasumsi bahwa diet adalah menahan makan. Makanya beberapa orang sering mengalami kesulitan, bahkan sampai jatuh sakit karena diet yang salah kaprah tersebut. Tujuannya untuk menyehatkan malah jadi sakit. Tindakan seperti ini nih yang malah menyiksa diri. Diet memang seringkali terasa membosankan karena makanan yang dimakan hanya itu-itu saja, tapi yang tidak boleh dimakan malah sangat banyak jumlahnya.

Namun anda tak perlu khawatir lagi, disini kami akan berikan resep makanan yang sehat namun tentunya sangat nikmat untuk di santap yang cocok untuk membantu proses diet anda. Namun dengan syarat anda harus menyukai yang namanya sayur dan buah, karena 2 makanan tersebut merupakan nutrisi penting bagi anda yang ingin melakukan diet sehat. Resep Makanan Sehat Untuk Sarapan Pagi Anda hanya memerlukan waktu kurang dari 15 menit untuk menyiapkan menu makanan sehat yang satu ini. Pasalnya resep makanannya sangat mudah untuk anda kerjakan dirumah.

Omelet Brokoli dan Roti Gandum


Bahan:

  • Satu cangkir brokoli hijau, potong-potong kecil, matangkan dengan air hangat.
  • 2 butir telur, kocok
  • Garam secukupnya
  • Mentega 
  • Bawang merah dan Bawang putih
  • 2 roti gandum panggang

Cara memasak: 

  1. Kocok telur dan masukkan garam agar berasa, tambahkan bawang merah dan bawang putih agar lebih lezat.
  2. Masukkan brokoli yang telah di potong kecil-kecil dan matang ke dalamnya.
  3. Panaskan wajan atau pan, tuangkan minyak atau gunakan margarine sedikit saja.
  4. Tuangkan adonan ke dalamnya, lalu angkat saat sudah matang kedua sisi.
  5. Sajikan bersama roti gandum.
  6. Dan makanan siap dihidangkan.

Sarapan yang teratur justru dapat menurunkan berat badan. Lalu bagaimana agar sarapan memberi efek yang optimal bagi tubuh? Kami akan berikan tips nya:

1. Delapan hingga 10 jam setelah makan malam (dan tidak makan apa-apa lagi) adalah waktu yang ideal untuk sarapan. Tubuh telah punya cukup waktu untuk melakukan metabolisme dan siap menerima asupan gizi pertama di pagi hari.

2. Buah atau jus buah dengan ampas (bukan sari buah) adalah makanan pertama yang dianjurkan. Di pagi hari, zat gula dalam tubuh turun ke tingkat paling rendah. Tubuh menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver (glikogen). Menambah asupan jus buah segar atau buah-buahan saat sarapan sangat dianjurkan, karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Sari buah alami dapat meningkatkan kadar gula darah setelah semalaman kita tidak makan. Pisang, misalnya, bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin C, vitamin B-6, magnesium, dan potassium.

3. Lanjutkan dengan mengkonsumsi glukosa karbohidrat baik. Sereal atau roti gandum isi selai kacang, misalnya, dapat meningkatkan kemampuan memori otak. Jika tubuh tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi memori otak dapat terganggu.

4. Anda bisa pilih menu sarapan berikut ini: seporsi sereal dengan susu rendah lemak, atau telur rebus (satu butir telur ukuran besar mengandung 70 kalori dan memenuhi 13% kebutuhan protein harian), atau omeletberisi tomat, brokoli, keju rendah lemak dan bayam agar perut kenyang lebih lama. Pilihan lain, anda bisa memilih roti gandum isi keju rendah lemak atau sepiring nasi merah plus telur dadar (dari 1 butir telur) dengan irisan tomat atau daun selada.

5. Intinya, pastikan karbohidrat kompleks dan protein selalu ada dalam menu sarapan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar