Minggu, 09 November 2014

Tips Menu Makan Diet Sehat

Mempunyai menu makanan diet sehat sebenarnya dapat memberikan inspirasi agar kita terbiasa dengan mengkonsumsi makanan sehat. Cobalah untuk membuat pilihan sehat, bukan hanya menentukan makanan cepat saji atau camilan yang sesungguhnya kurang bergizi serta tidak menyehatkan. Makan dengan beragam tipe variasi makanan sepanjang diet, dapat menghindari anda dari kebosanan serta meyakinkan anda akan mendapatkan beragam jenis nutrisi. Anda juga jangan lupa untuk meminum air putih setiap harinya, untuk memperlancar metabolisme, tak hanya itu air uga berperan sebagai penunda lapar alami sehingga air putih sangat berperan penting dalam proses diet. 

Disini kami akan berikan tips untuk menu makanan sehat bagi anda yang ingin melakukan program diet: 

Minggu 1 sampai minggu ke 3
Pola Makan Diet Karbohidrat Rendah 

  • Tips Makan Di Pagi Hari: 
Sebaiknya pada saat sarapan pagi atau makan pagi ini anda coba makan 1 telur rebus atau bisa juga omelet telur yang dipadukan dengan gandum atau oatmeal sebanyak 1 mangkuk. Untuk minumannya 1 gelas susu yang tinggi protein tapi low fat dan gula. Anda bisa selingi dengan makan cemilan pada pagi hari dengan 2 sampai 3 tahu/tempe, untuk buahnya cukup 1 buah apel atau jeruk.
  • Tips Makan Disiang Hari: 
Untuk siang harinya pada saat jam makan siang telah tiba sebaiknya anda coba makanan berat seperti nasi merah atau dengan porsi cukup 9 sendok makan saja. Untuk lauknya yaitu 150 gram daging ayam, atau kalau tidak suka bisa diganti dengan daging sapi atau daging ikan yang semuanya tentu tanpa lemak. Jangan lupa ditambah sayuran, cukup setengah mangkuk saja. 
  • Tips Cemilan Sore: 
Pada sore hari diminggu ke 1 sampai ke 3 ini tidak ada makan sore, namun sebagai penggantinya cukup cemilan sore dengan memakan 1 potong daging panggang atau ikan. Jika anda tidak suka bisa diganti dengan 1-2 tahu tempe.
  • Tips Makan Di Malam Hari:
Untuk makan malamnya resep menu diet selanjutnya adalah 200 gr dada ayam atau ikan bisa juga diganti dengan daging sapi yang tanpa lemak jika anda tidak suka namun dengan porsi tetap yaitu hanya 200 gr saja. Untuk cemilan dimalam hari, anda bisa minum susu tinggi protein, namun low fat dan gula.
 
 Minggu Ke 4
Pola Makan Diet Normal Karbohidrat 

  • Tips Makan Di Pagi Hari:
Untuk minggu yang ke 4 ini makan sudah mulai normal dengan takaran tertentu misalnya saja pada pagi hari anda sarapan 1 omelet telur bisa juga telur rebus, kemudian 2 roti gandum atau 1 mangkuk oatmeal dan tambahkan susu tinggi protein yang rendah lemak dan rendah gula. Untuk cemilannya 3 potong tempe atau tahu, untuk buahnya makan 1 buah apel atau jeruk.
  • Tips Makan Di Siang Hari: 
Untuk siang hari tentunya makan makanan yang berat namun dalam porsi yang terkontrol seperti makan nasi merah atau nasi cokelat sebanyak 16 sendok makan dengan lauknya dada ayam sebanyak 150 gr saja. Jangan kupa tambahkan sayuran pada porsi anda, karena sayuran hijau sangat banyak manfaatnya terutama bagi anda yang sering sembelit. Untuk cemilan siang hari tidak ada, makanan disiang hari sudah terpenuhi dengan makanan berat jadi tidak perlu cemilan. 
  • Tips Cemilan Di Sore Hari: 
Pada kegiatan disore hari sebaiknya anda isi perut anda dengan 1 potong roti gandum dan 1/2 mangkuk oatmeal saja sudah cukup untuk diet cepat.
  • Tips Makan Di Malam Hari: 
Pada saat makan malam sebaiknya anda atur agar anda dapat menyantap makan malam 2 jam sebelum tidur. Hal ini untuk menghindari terjadinya asam lambung akibat makan langsung tidur. Resep menu makanan yang sebaiknya anda hidangkan pada saat malam hari adalah daging ayam, atau ikan bisa juga daging sapi non lemak sebanyak 100 gr saja. Untuk nasinya anda gunakan nasi merah dengan porsi sebanyak 8 sampai 9 sendok makan saja. Untuk cemilan malam, anda cukup minum susu dengan protein tinggi yang rendah lemak dan rendah gula,serta 1 buah apel atau jeruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar